Lengkap, Cara Sholat Jenazah Untuk Perempuan

Salah satu hal yang tidak bisa dihindari oleh setiap umat manusia adalah mati, mati ini merupakan takdir yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Saat seseorang telah meninggal maka orang tersebut wajib untuk langsung di kuburkan. Sebelum di kubur jenazah ini harus di mandikan kemudian di shalati.

Shalat jenazah ini memiliki keutamaan sesuai dengan sabda dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang berbunyi “Barangsiapa menshalatkan jenazah dan tidak mengiringinya (ke pemakaman), ia akan memperoleh pahala sebesar satu qirath. Jika dia juga mengiringinya (hingga pemakamannya), ia akan memperoleh dua qirath.” Ditanyakan, “Apa itu dua qirath?” Beliau menjawab, “Yang terkecil di antaranya semisal Gunung Uhud.” (HR. Muslim).

Pada kesempatan kali ini mari kita bahas mengenai bacaan shalat jenazah yang benar untuk perempuan:

Niat Shalat

“Ushollii ‘alaa haadzihill mayyitati arba’a takbirootin fardhol kifaayati ma’muuman lillaahi ta’aalaa”

Artinya: Saya niat sholat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Ta’ala.

Cara Shalat Jenazah yang Benar

  • Takbiratul ihram sambil membaca surat Al Fatihah

Membaca niat ini harus dibaca dengan sungguh- sungguh. Shalat jenaah ini dilakukan 4 kali takbir dan hukumnya wajib. Setelah membaca niat dengan sungguh- sungguh selanjutnya baca Takbiratul ihram lalu diikuti dengan baca surah Al Fatihah.

  • Takbir kedua dilanjutkan dengan membaca sholawat

Lakukan takbir dengan mengangkat kedua tangam sampai sejajar dengan bahu, jika sudah bacalah sholawat Nabi. Salah satu sholawat Nabi yang bisa Anda baca adalah:

“Allohumma sholli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa shollaita ‘alaa Ibroohiima wa ‘alaa aali Ibroohim, innaka hamiidum majiid. Allohumma baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa baarokta ‘alaa Ibroohiima wa ‘alaa aali Ibroohim, innaka hamiidum majiid” Artinya: “Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”

  • Takbir ketiga sambil berdoa

Bacalah takbir dengan mengangkat kedua tangan sampai sejajar dengan bahu dan bacalah doanya yaitu: “Allohummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu ‘anhaa wa akrim nuzulahaa wawassi’ mudkholahaa waghsilhaa bil maa-i wats tsalji wal barod. Wa naqqihaa minal khothooyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danas. Wa abdilhaa daaron khoiron min daarihaa wa ahlan khoiron min ahlihaa wa zaujan khoiron min zaujihaa wa adkhilhal jannata wa a’idzhaa min ‘adzaabin qobri au min ‘adzaabin naar” atau secara singkat Anda bisa membaca “Allohummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu ‘anhaa” Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Bebaskanlah dan maafkanlah dia”

  • Takbir keempat dan ditambah dengan doa

Rakaat terakhir ini juga anda awali dengan takbir selanjutya berdoalah untuk jenazah dan orang yang ditinggalkan. Bacaan yang bisa dibaca adalah “Allohumma laa tahrimnaa ajrohaa wa laa taftinnaa ba’dahaa waghfirlanaa walahaa” Artinya: Ya Allah, jangan haramkan kami dari pahalanya dan jangan cobai kami sepeninggalnya. Ampunilah kami dan ampunilah dia.

  • Salam

Langkah terakhir dalam melakukan sholat jenazah adalah ditutup dengan membaca salam.

Nah itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan sholat jenazah perempuan, semoga informasinya bermanfaat ya!

Leave a Comment