Bagaimana Nasib Liga 1 Indonesia Ditengah Pandemi?

Besok, PSSI Putuskan Nasib Shopee Liga 1 di Rapat Exco - Indonesia Bola.com

Berita sepakbola Indonesia saat ini diwarnai dengan nasib dari Liga 1 2021/2022 yang masih menjadi tanda tanya sampai saat ini dikarenakan adanya efek perpanjangan kebijakan PPKM darurat yang disampaikan langsung oleh Presiden Indonesia Joko Widodo. Keputusan pemerintah terkait penerapan kebijakan PPKM darurat tersebut sangat mempengaruhi dimulainya Liga 1 Indonesia. Sebelumnya pihak PSSI dan juga PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai penggagas acara ini juga sudah merencanakan akan tetap melangsungkan liga ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang sesuai aturan agar gelaran acara tesebut dapat terlaksana. Berbagai upaya telah dilakukan oleh PSSI dan PT LIB agar mendapatkan izin tersebut, sampai akhirnya pihak PSSI dan PT LIB bisa mendapatkan izin mengadakan gelaran kompetisi dari pihak Kepolisian pada tanggal 31 Mei 2021. Izin yang didapatkan tersebut juga tidak luput dari kesuksesan penyelenggaraan turnamen sebelumnya yakni Piala Menpora 2012 yang telah dilaksanakan pada tanggal 21 Maret – 25 April 2021. Setelah selesai mendapat izin keamanan, PSSI dna PT LIB pun memutuskan untuk melangsungkan acara Liga 1 mulai tanggal 9 Juli 2021, namun ternyata acara Liga 1 Indonesia pun kembali diundur.

Pihak PSSI dan juga PT LIB selaku penggagas acara Liga 1 memutuskna untuk menunda kembali Liga 1 tersebut dikarenakan kasus covid di Indonesia yang semakin meningkat setiap harinya. Pada awalnya pihak penyelenggara hanya berencana menunda acara tersebut hingga akhir Juli 2021 namun ternyata pihak PSSI dan juga PT LIB sepakat menunda Liga 1 tersebut sampai akhir agustus 2021. Sempat juga beredar rumor bahwa Liga 1 akan dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2021 namun, rumor tersebut pun dibantah oleh direktur PT LIB karena menurut pengakuannya, acara Liga 1 tersebut belum bisa diberi kepastian akan diadakan pada tanggal berapa dikarenakan izin dari acara tersebut mengikuti kebijakan PPKM darurat yang diberlakukan oleh pemerintah. Hingga saat ini pihak penyelenggara masih berusaha berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Polri dan juga pemerintah tentang bagaimana baiknya untuk acara Liga 1 tersebut. Penundaan acara Liga 1 yang terjadi berulang kali inipun membuat beberapa pengurus tim sepakbola seperti Persija, Persib, Persita, dan PSS Sleman sedikit geram karena jadwal yang selalu berubah-ubah. Selain itu para pengurus tim-tim bola dari luar Jawa pun mengeluhkan tentang penundaan acara tersebut karena timnya sudah mempersiapkan para pemain dan telah mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mempersiapkan Liga tersebut, tetapi sampai saat ini liga tersebut belum memberikan kepastian. Para pengurus mengungkapkan bahwa jangan sampai kejadian Liga 1 di musim lalu yang tidak jadi berjalan terulang kembali karena itu menimbulkan kerugian besar.

Berita sepakbola Indonesia, banyak pihak terkait berharap setidaknya setelah menunda acara tersebut selama satu bulan, baik PSSI maupun PT LBI akan segera memutuskan kapan Kick off dari Liga 1 dimulai meskipun Liga 1 tersebut harus dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat seperti yang dilakukan saat Piala Menpora sebelumnya. Dengan diadakannya kembali Liga 1 ini itu akan menjadi hal yang sangat baik bagi klub bola dalam negeri karena perhelatan Liga 1 tersebut akan menentukan kembali tingkat klasemen diantara klub-klub bola yang ada di Indonesia, sehingga hal tersebut bisa membantu klub bola tersebut untuk mengetahui Langkah seperti apa yang harus dipersiapkan untuk kedepannya. Dan juga dengan diadakannya Liga 1 tersebut dapat memutar kembali roda perekonomian para pelaku sepakbola.

Leave a Comment